Sejarah Singkat

Sejarah SMK Karya Sembawa

Sejarah Singkat Berdirinya Sekolah Menengah Kejuruan Karya Sembawa

Sesuai Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Kepala Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (Depdikbud) Propinsi Sumatera Selatan No. 4175/I.11.5/I/1987 tertanggal 28 Juli 1987, Sekolah Menengah Ekonomi Atas (SMEA) Karya Sembawa Banyuasin III yang saat itu dinamakan, dibuka secara resmi dan beralamat di Desa Sembawa Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Musi Banyuasin (MUBA) Propinsi Sumatera Selatan. Dilokasi tersebut juga telah berdiri SMP (Sekolah Menengah Pertama) Karya-2 Sembawa dan SMA (Sekolah Menengah Atas) Karya Sembawa didalam satu wadah naungan yaitu Yayasan Perguruan Karya Palembang.

Pada saat pertama dibuka di tahun 1987, SMEA Karya Sembawa menerima dan mendapat siswa baru sebanyak berjumlah 48 orang. Ketika awal berdiri SMEA Karya Sembawa dipimpin oleh Bapak Drs. Azwari H. Kosim dengan membuka Jurusan Tata Usaha, yang sampai akhirnya dapat meluluskan sebanyak 25 peserta didik.

Pada tahun 1992, Kepemimpinan SMEA Karya Sembawa digantikan oleh Bapak Drs. Rustam Efendi yang menelurkan jurusan baru yaitu Administrasi Perkantoran, Sekretaris dan Jurusan Akuntansi. Terbentuknya ketiga jurusan baru ini secara resmi dibuka pada tahun 1993 dengan antusiasme yang besar dari siswa didik yang saat itu terdaftar total siswa didik berjumlah lebih kurang 280 orang.

Pada tahun 2004, Kepemimpinan Bapak Drs. Rustam Efendi bergulir digantikan oleh Ibu Ulfah Yulianti, S.Pd yang dahulunya menjabat sebagai Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum di masa kepemimpinan Bapak Drs. Rustam Efendi, pergantian ini karena Bapak Drs. Rustam Efendi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Kepala Sekolah dan berkarier sebagai Widyaiswara dan Dosen di Perguruan Tinggi di Propinsi Kepulauan Riau dan Batam. Selama kepemimpinan Ibu Ulfah Yulianti, S.Pd SMEA Karya Sembawa sudah berganti nama karena adanya perubahan nomenklatur sekolah pada tahun 2003 yaitu menjadi SMK Karya Sembawa yang tidak lagi berada dibawah tatanan Pemerintahan Kabupaten Musi Banyuasin tetapi dibawah Pemerintahan Kabupaten Banyuasin yang secara resmi terpisah diawal tahun 2004, namun tetap dibawah naungan Pemerintahan Kecamatan Banyuasin III.

Karier perjalanan kepemimpinan Ibu Ulfah Yulianti, S.Pd hanya berlangsung selama 2 tahun yaitu dari tahun 2004 s/d. akhir Februari 2006. Selama Kepemimpinan beliau sudah banyak kemajuan yang dilakukan, dimana berturut-turut SMK Karya Sembawa ditunjuk sebagai Simpul Pemilu (Situng Pemilu) untuk Kabupaten Banyuasin, untuk sistem pemilihan Anggota DPR dan pemilihan Presiden secara langsung menggunakan teknologi komputer dalam perhitungan suaranya. Kemudian ditunjuk sebagai pusat School Mapping pendataan sekolah kab. Banyuasin. Selanjutnya dipilih sebagai pusat ICT Center Kabupaten Banyuasin dengan mendapat bantuan peralatan teknologi komputer dan internet untuk digunakan sebagai media belajar dan media akses internet bagi sekolah-sekolah yang ada di kabupaten Banyuasin.

Setelah beliau digantikan oleh Bapak Saripudin, S.E di tahun 2006 sampai sekarang, jurusan di SMK Karya Sembawa sudah banyak penambahan jurusan baru yang diselaraskan dengan kebutuhan dan permintaan tenaga terampil serta kemajuan perkembangan pendidikan. Adapun jurusan yang ada di SMK Karya Sembawa saat ini yaitu : Jurusan Akuntasi, Jurusan Multimedia, Jurusan Teknik Pengelasan (Welding) dan Jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor. Jurusan Multimedia diresmikan pada tahun 2006 yang di publikasikan melalui stasiun televisi swasta lokal daerah yaitu PAL TV. Jurusan Multimedia yang dibuka pada tahun 2007 sudah meluluskan 6 periode alumni dan sampai sekarang masih menjadi jurusan favorite di SMK Karya Sembawa, sedangkan Jurusan Teknik Pengelasan (Welding) dibuka pada tahun 2011 dan untuk menampung aspirasi warga masyarakat sekitar, maka di tahun 2014 SMK Karya Sembawa membuka jurusan baru yaitu Teknik dan Bisnis Sepeda Motor.

Di tahun 2009 SMK Karya Sembawa mendapat bantuan rehab gedung 4 lokal dari Pemerintah Pusat, melalui Dinas Pendidikan Kabupaten sehingga sangat membantu kelancaran proses belajar mengajar di sekolah, dan diakhir tahun 2013 ini SMK Karya Sembawa mendapat bantuan pembangunan 3 gedung baru ditambah 1 ruang laboratorium dari pemerintah pusat melalui dana DAK (Dana Alokasi Khusus) untuk melengkapi kekurangan gedung dan sarana praktek yang ada di sekolah.

Seiring perkembang kurikulum pendidikan nasional yang sudah memunculkan kurikulum baru 2013, SMK Karya Sembawa telah menggunakan kurikulum 2013 dalam proses belajar mengajarnya.

Sampai dengan saat ini seluruh kegiatan pembelajaran SMK Karya Sembawa tetap beralamat di Desa Lalang Sembawa, Jalan Peternakan No. 43 Rt. 01 Rw. 03 KM. 29 Sembawa, Kecamatan Sembawa, Kabupaten Banyuasin, Propinsi Sumatera Selatan Kode Pos 30953, Telp. 0711–7439500, E-mail : smkkaryasbw@gmail.com.

Inilah sekilas sejarah SMK Karya Sembawa.